PEDOMAN UMUM JUMBARA NASIONAL PMR VIII 2016

PMR merupakan generasi muda PMI yang merupakan cikal bakal sukarelawan masa depan PMI. Proses Pembinaan PMR dilaksanakan oleh Sekolah dimana unit PMR berada, PMI Kab/Kota bersama-sama dengan PMI Propinsi dan instansi terkait. Pembinaan ini dilaksanakan dengan mengacu pada manajemen Pembinaan PMR untuk menciptakan remaja yang memiliki karakter “Bersih, Sehat, Kepemimpinan, Peduli, Kreatif, Kerjasama, Bersahabat dan Ceria”. Melalui kegiatan pembinaan yang dilakukan, pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dimiliki terus dikembangkan
dengan harapan anggota PMR dapat berperan sebagai “Peer” sesuai tingkatannya; Peer Leadership untuk PMR Mula, Peer Support untuk PMR Madya dan Peer Educator untuk PMR Wira. Dengan peningkatan pengetahuan, sikap dan ketrampilan diharapkan ketrampilan hidup meningkat dan
mendorong perilaku positif pada remaja.

JUMBARA merupakan satu bentuk kegiatan pembinaan yang merupakan ajang pertemuan anggota PMR untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam suasana gembira, bersahabat dan pastisipatif. Dalam JUMBARA PMR Nasional PMI ke VIII kali ini, seluruh komponen baik Pengurus, Sstaf, Pembina PMR, Fasilitator PMR dan PMR tingkat Mula, Madya dan Wira dilibatkan secara aktif dalam mata rangkaian kegiatan yang satu sama lain akan saling mengisi dan memberikan gambaran secara komprehensif proses pembinaan PMR sesuai Siklus Manajemen PMR.

Anggota Palang Merah Remaja dari Perhimpunan Nasional negara lain dan siswa berkebutuhan khusus juga akan dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, sebagai salah satu pelaksanaan “Tri Bakti PMR”, mempererat hubungan persahabatan nasional dan internasional.

JUMBARA dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan dengan mengurangi sifat kompetisi/lomba dan lebih menekankan pada evaluasi bersama dikaitkan dengan proses Pembinaan PMR sesuai dengan tugas peran dan fungsi masingmasing komponen (Pengurus, Staf, Pembina PMR, Fasilitator PMR, Pelatih bidang dan anggota PMR).






Share :

Facebook Twitter Google+

Komentar untuk "PEDOMAN UMUM JUMBARA NASIONAL PMR VIII 2016"

Komentar Facebook


Komentar Blogger

Back To Top