Modul - Pendidikan Remaja Sebaya


Pendidikan Remaja Sebaya

Tentang Kesehatan dan Kesejahteraan Remaja


Jumlah kasus HIV dan AIDS di Indonesia tiap tahun mengalami peningkatan. Sebagian besar kasus terjadi pada kalangan usia produktif. Remaja, menjadi sasaran potensial yang rawan terhadap penularan HIV. Pasalnya, dalam proses perkembangan kematangan psikologis dan biologis, remaja kerap menghadapi ketegangan, kebingungan, dan kekhawatiran. Remaja menjadi gemar coba-coba dalam emosi labil sehingga mudah terpengaruh.
Remaja butuh dipahami dan didekati dengan gayanya sendiri. Pendekatan teman sebaya menjadi metode efektif untuk mengembangkan remaja karena lebih sesuai dengan jiwa remaja yang cenderung tidak suka digurui, lebih mendengar dan percaya pada apa yang dikatakan temannya. Pendekatan ini sesuai dengan Garis-Garis Kebijakan PMI tahun 1999 – 2004.

Buku Saku “Pelatihan Remaja Sebaya tentang Kesehatan dan Kesejahteraan” disusun sebagai pegangan untuk fasilitator dan pendidik sebaya dalam membekali remaja agar mampu mengenal, menganalisa, dan memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi secara mandiri serta mampu melindungi dirinya terhadap HIV dan AIDS. Buku Saku ini telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat untuk menyempurnakan Pedoman/Panduan yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Berharap semoga Buku Saku ini dapat bermanfaat bukan saja untuk fasilitator dan pendidik sebaya, tetapi juga segenap jajaran PMI mulai dari pengurus, staf, pelatih dan relawan PMI dalam mengembangkan salah satu program pencegahan HIV dan AIDS melalui pendekatan Pendidikan Remaja Sebaya.






Share :

Facebook Twitter Google+

Komentar untuk "Modul - Pendidikan Remaja Sebaya"

Komentar Facebook


Komentar Blogger

Back To Top