Simulasi Early Warning System Banjir di Kabupaten Wajo


Simulasi Sistem Peringatan Dini / Early Warning System banjir program CBDP di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan tahun 2006

Wajo merupakan salah satu kabupaten di propinsi sulawesi selatan dengan luas wilayah 2.506,19 Km persegi.  Wajo merupakan daerah yang sangat rentan terjadi banjir. Hal ini disebabkan karena Danau Tempe yang terletak dibagian barat tak lagi mampu menampung kiriman air dari sungai-sungai yang bermuara ke danau.

Luapan air yang tidak terhindarkan lantaran luasan dan kedalaman danau tak lagi mampu menampung kiriman air dari sungai-sungai yang bermuara ke danau dan menjadi langganan rutin permukiman di sekitar danau dan Salah satunya adalah kelurahan Lelelo.

Laelo yang berada tepat di bibir danau tersebut memang sangatlah rentan banjir akibat meluapnya danau tempe dan boleh dikatakan sudah menjadi langganan banjir tiap tahunnya. Namun, bukan berarti kita hanya bisa pasrah. Perlu langkah sistematis untuk menggerakkan masyarakat agar memiliki kesadaran bersiaga terhadap bencana. 

Dengan adanya Program Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat yang digulirkan Palang Merah Indonesia bekerjasama dengan Palang Merah Denmark sejak tahun 2003 di wilayah ini, diharapkan dampak bencana dari banjir musiman yang terjadi dapat berkurang. Selain itu, program ini juga diarahkan untuk mencegah kerusakan lingkunga, peningkatan pelayanan kesehatan dan upaya mitigasi yang terkait pada pengamanan sumber-sumber ekonomi.

Sejak program ini berjalan hingga saat sekarang berbagai hal telah dilakukan diataranya dengan pembangunan infrastruktur  yang dapat mengurangi dampak banjir serta peningkatan pelayanan kesehatan.

Selain hal tersebut, juga dilakukan berbagai macam kegiatan yang bersifat partisipatif dengan melibatkan stake holder yang ada serta masyarakat setempat. Sistem Peringatan Dini misalnya, merupakan salah satu bentuk kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana dengan memanfaatkan peta wilayah dan jalur evakuasi yang telah dibuat sebelumnya palang merah indonesia dan msyarakat setempat.






Share :

Facebook Twitter Google+

Komentar untuk "Simulasi Early Warning System Banjir di Kabupaten Wajo"

Komentar Facebook


Komentar Blogger

Back To Top